Putih Abu-Abu

 Namaku Dwi Salma Nabila, aku sering dipanggil abel. Saat ini aku berumur 18 tahun sedang melanjutkan perguruan tinggi negeri di Universitas Padjajaran. Dahulu aku sekolah di SMA favorit di Bandung. Aku masuk SMA tahun 2016 dan lulus di tahun 2019. Banyak sekali pengalaman ku di SMA ini. Benar kata orang SMA itu paling asik karna di SMA lah proses kita remaja menuju dewasa.

Pada awal kelas 10 saya masih rajin belajarnya, awal-awal beradaptasi dengan teman-teman yang baru berasal dari SMP yang berbeda-beda dan sifat masing-masing orang nya juga berbeda. Saya mengikuti kegiatan MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) selama 1 minggu. Saya dikenalkan dengan guru-gurunya, ekskul-ekskulnya, ruangan-ruangannya yang ada di SMA tersebut. Awalnya saya masih pemalu karna baru memasuki SMA belum terlalu beradaptasi dengan lingkungan sekolah tersebut. Masih suka bingung masuk ke ruangan nya karna belum terlalu hafal juga.

Setelah melewati kelas 10 dengan kelas yang begitu rame karna sudah saling kenal dan tidak malu-malu lagi, akhirnya kita naik kelas 11 tapi di kelas 11 itu orang-orangnya berbeda karna di pecah lagi satu angkatan nya. Saya mulai dari awal lagi, beradaptasi lagi karna belum semuanya sudah kenal hanya beberapa saja yang sudah kenal. Setelah semuanya kenal, akhirnya kelas 11 itu rame lagi sudah tau sifat orang-orangnya bagaimana ada yang jail, pecicilan, pendiem, pelawak, dan lain-lain. Di kelas 11 agak terlihat sifat dewasa nya karna umur kita juga sudah mau memasuki 17 tahun, umur yang sudah termasuk bahwa kita itu sudah dewasa. 

Dari yang awalnya sifat kita yang moody-an bisa jadi lebih mengontrol sifat nya karena kita sadar bahwa sudah saatnya untuk dewasa, harus berproses membentuk diri menjadi lebih baik untuk ke depannya juga. Setelah kelas 11, saya naik kelas 12 dan orang-orangnya masih sama dengan kelas 11 jadi tidak perlu beradaptasi lagi karna memang sudah kenal dan pernah satu kelas 1 tahun. Awal masuk kelas 12 kita sudah diberitahu oleh wali kelas bahwa jadwal dan kegiatan kita akan padat tidak seperti kelas 10 atau kelas 11 dulu yang masih bisa banyak main-main nya. Karna sesudah kelas 12 kita lanjut ke perguruan tinggi negeri yang mana sangat susah untuk bisa masuk sesuai dengan apa yang kita mau/tuju.

Kelas 12 dimana teman-teman ku juga berlomba-lomba mendapatkan nilai yang paling besar agar bisa lolos tahap SNMPTN, saya sebenernya tidak terlalu mengharapkan bisa lulus SNMPTN karna saya juga ragu dengan nilai saya yang pas-pasan. Saya juga dari dulu orangnya tidak ambis seperti teman saya yang lainnya, saya hanya belajar dengan biasa saja tidak seperti mereka ikut bimbel di luar atau tambahan pemantapan di sekolah. Pada saat pengumuman lulus jalur hijau SNMPTN, ternyata saya bisa lulus jalur hijau dan saya tidak menyangka juga padahal saya tidak terlalu mengharapkan tapi saya juga bersyukur bisa lulus. Lalu setelah lulus, saya harus memilih jurusan dan PTN mana yang akan saya pilih untuk seleksi tersebut. Dan saya memilih 2 jurusan yaitu, yang pertama Ilmu Kelautan UNPAD, yang kedua Ilmu Pemerintahan UNPAD.

Akhir bulan Maret pengumuman SNMPTN pun tiba. Hari yang ditunggu-tunggu oleh semua siswa SMA se-Indonesia. Saya hanya berdoa yang terbaik untuk hasilnya apapun itu mau diterima ataupun tidak juga tidak apa-apa. Jam 13.00 saya membuka pengumuman dan ternyata saya diterima di pilihan pertama yaitu Ilmu Kelautan UNPAD, saya sangat senang dan bersyukur sekali bisa masuk perguruan tinggi negeri yang saya inginkan. Banyak teman-teman saya yang gagal dalam tahap SNMPTN, tapi mereka tidak putus asa karna masih ada tahap lain yaitu SBMPTN dan SMUP. Saya menyemangati mereka untuk tidak menyerah sampai disitu, karna masih ada jalan lain agar mereka bisa masuk ke perguruan tinggi negeri.

Komentar